Jumat, 14 November 2014

RKAS 2014 / 2015 A. PENDAHULUAN

  1. PENDAHULUAN
    Semakin membaiknya sektor perekonomian, dan semakin kondusifnya suhu politik serta didukung stabilitas keamanan yang mantap, diharapkan akan menciptakan kondisi sosial yang mampu mendukung pelaksanaan program-program pembangunan pendidikan di kecamatan Sluke Stabilitas sosial yang mantap sangat dibutuhkan bagi berlangsungnya proses pendidikan di suatu lembaga pendidikan (sekolah). Stabilitas sosial yang mantap akan berpengaruh pada pembentukan karakter sosial siswa seperti yang kita harapkan antara lain beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berbudi pekerti luhur.

    Stabilitas sosial juga memungkinkan tumbuhnya benih-benih unggul bangsa yang dapat dilahirkan melalui proses pendidikan di sekolah. Kecamatan Sluke yang sebagian besar wilayahnya berupa lahan pertanian dan kelautan menyebabkan mayoritas penduduknya menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian dan kelautan, baik sebagai petani pemilik lahan, petani penggarap, nelayan dan buruh nelayan. Selain sebagai petani dan nelayan, sebagian masyarakatnya bekerja sebagai , pengumpul barang bekas (rosok), pedagang, dan sebagian bekerja di perusahaan (Holi Mina, argawastu, pelabuhan, PLTU, dan industri kecil)

    Dalam bidang pertanian, para petani sudah memanfaatkan teknologi (traktor) dalam mengolah sawahnya. Pemupukan yang tepat dan pengobatan sesuai dosis berkat bantuan dari petugas penyuluh pertanian, mereka mampu panen dengan hasil yang memuaskan yang dilakukan pada saat musim penghujan. Tetapi pada saat musim kemarau faktor air tidak memadai, para petani tidak tinggal diam, mereka beralih menanam dengan jenis yang bervariasi tanamannya antara lain lombok, jagung, tebu, blewah atau melon. Diversifikasi pertanian yang diterapkan oleh para petani di kecamatan Sluke dengan menanam tanaman holtikultura seperti semangka,blewah atau melon disela-sela masa tanam padi, juga semakin menambah pendapatan petani dan buruh tani.

    Di bidang kelautan, dengan pemanfaatkan teknologi penangkapan ikan dan dengan penambahan jumlah kapal, tentu saja menambah penghasilan para nelayan. Apalagi ditunjang oleh bantuan dari pemerintah serta perbaikan fasilitas tempat pelelangan ikan semua itu memberi kemudahan para nelayan meningkatkan kesejahteraannya. Dibidang perdagangan dalam satu tahun kedepan diharapkan akan semakin besar konstribusinya terhadap peningkatan perekonomian masyarakat kecamatan Sluke. Hal ini disebabkan oleh adanya pembangunan baru yaitu pelabuan tingkat nasional dan pabrik pengalengan ikan Holi Mina yang berada di desa Labuhan, PLTU yang ada di desa Leran semua itu berada di wilayah Kecamatan Sluke. Tentu saja keberadaannya itu dapat memacu denyut nadi perdagangan dan perekonomian masyarakat Sluke kedepan semakin menjanjikan. Perkembangan positif perekonomian masyarakat Sluke satu tahun kedepan akan menimbulkan dampak positif dan berpengaruh langsung pada peningkatan daya dukung masyarakat khususnya orang tua/wali murid terhadap dunia pendidikan pada umumnya dan sekolah pada khususnya.

    Melalui komite sekolah partisipasi masyarakat diharapkan semakin meningkat sehingga Komite Sekolah akan semakin berdaya dalam mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan pada tahun yang akan dating. Suhu politik di Kabupaten Rembang pada tahun 2014 mungkin semakin meningkat dikarenakan tahun 2014 masa periode pemilihan Bupati dan wakil bupati (PILKADA), namun dengan demikian keadaan itu tidak berdampak atau berpengaruh negatip di bidang pendidikan. Harapan dibidang pendidikan dengan berakhirnya PILKADA langsung untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati periode lima tahun mendatang (2014-2018), kondisi politik di wilayah Rembang semakin kondusif. Sehingga pemerintahan baru yang baru terpilih diharapkan dapat mewujudkan program-program pembangunan yang menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat, termasuk program pembangunan di bidang pendidikan.

    Harapan masyarakat Kabupaten Rembang anggota legeslatif yang terpilih masa jabatan 2014 - 2018 dapat bekerja secara sinergis dengan eksekutif saling mendukung kebijakan 4 pilar pembangunan yang sudah dicanangkan sehingga pembangunan di Kabupaten Rembang tahun depan akan lebih baik. Sebaliknya jika antara legislatif dan eksekutif kurang harmonis dalam mengawal kebijakan tentu berdampak negatip. Pembangunan di segala bidang, keamanan di segala lapisan akan terganggu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Akhirnya munculah aksi mengumpulkan dan memprovokasi masa untuk diajak demo yang berbau anarkis dengan dalih memperjuangkan demokrasi. Keadaan inilah yang dapat mengganggu keamanan masyarakat

    Semoga gangguan keamanan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Rembang untuk lima tahun yang akan datang diharapkan tidak akan ada, sehingga dapat tercipta kondisi yang mantap agar dapat menjamin berlangsungnya pelaksanaan program pembangunan termasuk didalamnya program-program pembangunan di bidang pendidikan gratis.

    Kultur masyarakat agraris dan agamis yang mendominasi struktur kependudukan kecamatan Sluke melatarbelakangi tumbuh suburnya budaya-budaya tradisional yang ada di masyarakat kecamatan Sluke. Nilai-nilai budaya tradisional tersebut, diharapkan dapat menjadi pondasi yang kuat bagi masyarakat kecamatan Sluke untuk tetap bersikap terbuka terhadap masuknya nilai-nilai budaya modern yang semakin deras, sehingga masyarakat memiliki kemampuan untuk menyaring nilai-nilai budaya modern yang kurang sesuai dengan nilai-nilai budaya yang berlaku didalam msyarakat sekarang ini. Dengan kemampuan melakukan filtrasi tersebut diharapkan masyarakat kecamatan Sluke dapat menerima arus globalisasi dan modernisasi tanpa harus tercerabut dari akar budaya tradisional yang mereka miliki, dimana budaya tradisional tersebut merupakan warisan leluhur bangsa yang harus tetap kita pertahankan dan kita lestarikan.

    Guna membekali para siswa agar mampu melakukan filtrasi terhadap nilai-nilai budaya baru yang tidak baik, maka sekolah membekali siswa dengan nilai-nilai budaya tradisional dan agamis yang berakar pada budaya yang berkembang di masyarakat melalui berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler baik di bidang seni tradisional, bidang keagamaan maupun bidang olahraga. Membaiknya iklim investasi di kabupaten Rembang, membawa angin segar bagi investor untuk menanamkan modalnya di kabupaten Rembang. Banyaknya investor masuk ke wilayah kabupaten Rembang membawa dampak positif bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Di bidang kelautan, nelayan dengan kemajuan teknologi sangat dirasakan dapat membantu mereka untuk meningkatkan penghasilan. Kemajuan teknologi tersebut antara lain penggunaan alat penangkap ikan, motor penggerak kapal, dan deteksi areal ikan yang mampu menambah hasil tangkapannya. Teknologi komunikasi mulai merambah wilayah kecamatan, tidak terkecuali kecamatan Sluke. Jaringan telepon seluler sudah menjangkau daerah pedesaan dan akan semakin luas jangkauannya pada satu tahun kedepan, masuknya operator telepon seluler dengan membangun tower atau menara untuk memperluas jangkauan layanannya di wilayah kecamatan Sluke. Dengan dibangunnya PLTU dan pelabuhan tingkat nasional di Kabupaten Rembang membawa dampak positip karena banyak pemuda-pemudi yang direkurt untuk bekerja di dua perusahaan tersebut. Tentu saja hal ini mengurangi dampak pengangguran dan menambah kesejahteraan.

    Kemajuan teknologi telekomunikasi tersebut, memungkinkan berdirinya warung telekomunikasi, dan warung internet di wilayah pedesaan. Dengan demikian semakin mempermudah masyarakat termasuk siswa untuk memperoleh akses informasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat meningkatkan kualitas siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Demikian pula dengan teknologi komputer, yang sudah merambah hampir di semua lembaga pendidikan baik, Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta SMP/MTs diharapkan dapat meningkatkan kualitas mutu lulusan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.




>
Bahan / Materi
Kontributor:Subagio, S.Pd (Kepala Sekolah)
Editor:Amin Wahyudi, S.Pd
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar