Kamis, 20 November 2014

RKAS 2014 / 2015 B. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA

  1. (di halaman lain)
  2. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU TAHUN
    No Standar Nasional Pendidikan Kondisi Sekolah saat ini Kondisi Sekolah 1 tahun mendatang Besarnya Tantangan
    I. Standar Kompetensi Lulusan
    A KOMPETENSI KELULUSAN
    1.Kecerdasan
    rata-rata pecapaian KKM semua mapel 7,2 7,3 O,1
    keterlibatan siswa dalam kegiatan menganalisis tentang berbagai gejala alam dan sosial 25% 50% 25%
    2.Pengetahuan
    keterlibatan siswa dalam program pembiasaan untuk mencari informasi/ pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar 75% 80% 5%
    memperoleh kejuaraan tertinggi bidang seni lukis Tk. Kab. Harapan 1 Juara 3 1 Tk
    memperoleh kejuaraan tertinggi bidang vokal Tk. Kab. Peringkat 8 Peringkat 7 1
    3. Kepribadian
    memiliki pemetaan SK/KD dalam silabus yang menunjukan keterkaitan aspek Pendidikan Kewarganegaraan dan Kepribadian dengan sejumlah mapel pelajaran 2 mapel 3 mapel 1 mapel
    mengadakan kegiatan agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menganalisis gejala alam dan sosial dalam bentuk kegiatan ilmiah Tidak ada 1 kegiatan 2
    4. Akhlak Mulya
    memperoleh kejuaraan tertinggi pada bidang olah raga ateletik Tk. Kab Juara 3 Juara 2 1
    memperoleh kejuaraan tertinggi pada bidang agama dan akhlak mulia Tartil Qur’an Tk. Kab Peringkat 10 Peringkat 8 2
    memperoleh kejuaraan tertinggi pada bidang catur Tk. Kab. Juara 3 Juara 2 1
    5. Ketrampilan hidup
    mengadakan kegiatan terprogram agar siswa memperoleh pengalaman menghasilkan karya kreatif 2 jenis 3 jenis 1
    mengadakan kegiatan terprogram pada aspek membaca dan menulis 3 kegiatan 4 kegiatan 1 keg
    6. Pendidkan Lanjut
    memperoleh kejuaraan/ OSN Peringkat 15 Peringkat 11 4 Tk.
    II. Standar Isi
    A KERANGKA DASAR KURIKULUM
    1. Muatan Kurikulum
    Isi Kurikulum yang dilaksanakan sekolah 8 aspek 8 aspek 0
    penyusunan kurikulum SNP terdapat panduan pelaksanaan muatan 8 panduan 8 panduan 0
    2. Prinsip Pengembangan Kurikulum
    Pengembangan kurikulum melibatkan 5 pihak 6 pihak 1
    3. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
    Kurikulum yang dilaksanakan dalam Pembelajaran berdasarkan prinsip 6 prinsip 6 prinsip 0
    Ketersediaan referensi/pedoman/acuan untuk implementasi prinsip pelaksanaan kurikulum 80% 85% 5%
    B STRUKTUR KURIKULUM
    1. Struktur Kurikulum
    Isi/muatan dalam struktur KURIKULUM minimal 8 aspek 8 aspek 0
    2. SK dan KD
    menjabarkan mata pelajaran dalam SK dan KD dengan benar untuk mata pelajaran PBKL belum ya 1
    C BEBAN BELAJAR
    1. Tatap Muka
    Beban belajar di sekolah dilaksanakan 3 cara 3 cara 0
    2. Penugasan Terstruktur
    Mata pelajaran yang berisi program penugasan terstruktur 75% 80% 5%
    3. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
    memiliki program kegiatan mandiri/tidak terstruktur pada mata pelajaran dan memenuhi ketentuan 3 4 1
    D KTSP
    1. Pengembangan KTSP
    Pengembangan KTSP memenuhi ketentuan 5 ketentuan 5 ketentuan 0
    2. Pengembangan Silabus
    mengembangkan silabus seluruh mata pelajaran dilakukan memenuhi ketentuan 5 ketentuan 5 ketentuan 0
    3. Pengembangan RPP
    mengembangkan RPP seluruh mata pelajaran dilakukan dengan memenuhi ketentuan 5 ketentuan 5 ketentuan 0
    4. KKM
    Besarnya KKM yang ditetapkan oleh sekolah terhadap semua mata pelajaran 4 mapel ≥ 75 6 mapel ≥ 75 2 mapel
    E KALENDER PENDIDIKAN
    1. Pemetaan Kalender Pendidikan
    menyusun kalender pendidikan telah memenuhi ketentuan 5 ketentuan 5 ketentuan 0
    III. Standar Proses
    A PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN
    1. Perencanaan pengembangan atau penyusunan silabus
    Dasar-dasar yang dipergunakan untuk membuat perencanaan pengembangan atau penyusunan silabus MEMENUHI 3 unsur 3 unsur 0
    Jumlah guru yang membuat perencanaan pengembangan atau penyusunan silabus secara sendiri sebanyak 25% 50% 25%
    Jumlah guru yang membuat perencanaan pengembangan atau penyusunan silabus dengan cara berkelompok dari MGMP 75% 80% 5%
    2. Perencanaan pengembangan atau penyusunan RPP
    Dalam rangka penyusunan RPP mapel, sekolah telah memenuhi sebanyak 10 10 0
    Jumlah guru yang membuat perencanaan pengembangan atau penyusunan RPP secara sendiri-sendiri dari semua mata pelajaran SNP sebanyak 25% 50% 25%
    Jumlah guru yang mebuat perencanaan pengembangan atau penyusunan RPP dengan cara berkelompok dari MGMP 75% 80% 5%
    3. Prinsip- prinsip penyusunan RPP
    Dalam mengembangan metode dan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dari mapel-mapel telah memuat cara-cara pembelajaran untuk mendorong siswa aktif 100% 100% 0
    Terdapat keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber bahan dalam mapel 100% 100% 0
    4. Bahan Ajar
    Kesesuaian antara isi bahan ajar terhadap tuntutan silabus dalam pengembangan RPP, sebanyak 100% 100% 0
    Tingkat keterjangkauan/kemampuan sekolah/guru dalam pengadaan bahan-bahan ajar untuk mendukung pembuatan RPP 85% 90% 5%
    B KOMPONEN PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN
    1. Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
    Jumlah siswa per rombongan belajar rata-rata 24 siswa 26 siswa ― 2
    2. Pelaksanaan pembelajaran
    Jumlah guru yang melaksanakan pembelajaran dan telah memenuhi langkah-langkah dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, penutup, penilaian dan tindak lanjut 85% 90% 5%
    C PENILAIAN HASIL BELAJAR
    1. Persyaratan pelaksanaan proses penilaian hasil belajar
    Keterlaksanaan penilaian hasil belajar oleh sekolah telah memenuhi 100% 100% 0
    Pelaksanaan (proses) penilaian hasil belajar oleh sekolah telah memenuhi Standar Penilaian 80% 85% 5%
    D PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN
    1. Pemantauan
    Sekolah melaksanakan pentahapan pemantauan proses pembelajaran yaitu perencanaan, pelksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran, yaitu telah memenuhi 2 cara 3 cara 1
    Sekolah melaksanakan pemantauan proses pembelajaran dengan strategi atau cara-cara diskusi, diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi, memenuhi 3 cara 4 cara 1
    2. Supervisi
    Sekolah melaksanakan supervisi proses pembelajaran melalui 3 (tiga) tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran, telah mencapai 3 tahapan 3 tahapan 0
    Sekolah melaksanakan supervisi proses pembelajaran dengan cara-cara yaitu: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi, yaitu memenuhi 3 cara 4 cara 1
    3. Evaluasi
    Sekolah melaksanakan evaluasi proses pembelajaran dengan tujuan untuk menentukan kualitas pembelajaran ya ya 0
    Sekolah melaksanakan evaluasi proses pembelajaran minimal dengan cara: (i) membandingkan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dan standar proses (Permendiknas No 41/2007), (ii) mengidentifikasi kinerja guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru 1 cara 2 cara 1
    4. Pelaporan
    melaporkan hasil pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan guru, pengawas dan komite 3 unsur 3 unsur 0
    tindak lanjut pelaporan oleh sekolah terhadap hasil pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan: 100% 100% 0
    5. Tindak Lanjut
    Tindak lanjut dari hasil pengawasan oleh pemangku kepentingan melalui penguatan, penghargaan dan teguran 3 cara 3 cara 0
    1V Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
    A. GURU
    1. Kualifikasi Akademik
    Jumlah guru yang telah memiliki kualifikasi D-IV atau S1 93,75% 93,75% 0
    2. Kesesuaian Latar Belakang Pendidikan
    Jumlah guru mata pelajaran yang mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya dari keseluruhan guru yang ada 90,4% 90,4% 0
    3. Kompetensi Pedagogik
    Jumlah guru yang mampu merencanakan pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran 100% 100% 0
    produk RPP yang dipersiapkan untuk pembelajaran oleh guru MGMP Kab 50% produk sendiri 50% produk sendiri0
    Kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan dibuktikan kepemilikian dokumen penilaian hasil belajar peserta didik 100% 100% 0
    4. Kompetensi Kepribadian
    Keterlaksanaan pola pembinaan terhadap kompetensi kepribadian guru, sebanyak 4 4 0
    5. Kompetensi Sosial
    Sekolah menyelenggarakan kegiatan untuk pembinaan kompetensi social guru, sebanyak 4 cara 4 cara 0
    6. Kompetensi Profesional
    Sekolah melaksanakan kegiatan terprogram untuk pembinaan kompetensi profesional guru sesuai dengan bidang-bidangnya, sebanyak 6 7 1
    Jumlah guru yang membuat karya tulis ilmiah dalam satu tahun terakhir mencapai 3,125% 43,75% 40,625%
    Pengembangan kompetensi profesional guru ditinjau dari keaktifan dalam penulisan karya tulis ilmiah melalui berbagai media Tidak ada Ada di Kab. 1
    B KEPALA SEKOLAH
    1. Kualifikasi akademik
    Kualifikasi pendidikan kepala sekolah S1 S1 0
    Kualifikasi pendidikan kepala sekolah diperoleh dari perguruan tinggi terakreditasi terakreditasi 0
    Keahlian kepala sekolah dengan mata pelajaran yang diampu sesuai sesuai 0
    2. Kualifikasi Khusus
    Kepemilikan SK sebagai guru ada ada 0
    Kepemilikan SK sebagai kepala sekolah ada ada 0
    3. Pengalaman Mengajar sebagai Guru
    Pengalaman mengajar kepala sekolah (sebagai guru) ≥ 5 Th 33 Th 0
    Pengalaman kerja sebagai kepala sekolah ≥ 4 Th 7 Th 0
    4. Kemampuan Kepemimpinan
    Keberhasilan pengelolaan sekolah yang ditunjukkan oleh berbagai indikator 2 indikator 3 indikator 1 indikator
    5. Kemampuan Kewirausahaan
    Kemampuan kepala sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan usaha yang dapat dipergunakan untuk pusat sumber belajar siswa, sebanyak 2 3 1
    6. Kemampuan Supervisi dan Monitoring
    Pengelolaan supervisi oleh kepala sekolah/tim khusus kepala sekolah yang ditunjukkan dengan 6 6 0
    Pengelolaan monitoring oleh kepala sekolah/tim khusus kepala sekolah yang ditunjukkan dengan 6 6 0
    C TENAGA ADMINSTRASI
    1. Kualifikasi Akademik
    Kualifikasi pendidikan kepala administrasi S.1 D.3 0
    Keahlian kepala administrasi dengan bidang tugasnya Tidak Sesuai Tidak sesuai 0
    2. masa kerja waktu diangkat menjadi kepala administrasi
    Pengalaman kerja waktu diangkat menjadi kepala administrasi ≥ 4 Th 28 Th 0
    3. kualifikasi akademik minimum tenaga administrasi
    Kualifikasi pendidikan tenaga administrasi adalah ≥ SLTA sederajat SLTA 0
    4. kesesuaian latar belakang pendidikan dengan tugasnya sebagai tenaga administrasi
    Keahlian tenaga administrasi yang sesuai dengan bidang tugasnya 3 orang 3 orang 0
    D TENAGA PERPUSTAKAAN
    1. Kualifikasi akademik Kepala Perpustakaan
    Kualifikasi akademik Kepala Perpustakaan adalah D4 atau S1 Ya Ya 0
    2. kesesuaian latar belakang pendidikan dengan tugasnya sebagai tenaga perpustakaan
    Latar belakang pendidikan minimal SLTA sesuai dengan tugasnya sebagai tenaga perpustakaan yaitu memiliki sertifikat pustakawan 1 orang 2 orang 1 orang
    E TENAGA LABORATORIUM
    1. kualifikasi akademik minimum kepala laboratorium
    Kualifikasi akademik Kepala Laboratorium IPA adalah D4 atau S1 bersertifikat Ya Ya 0
    2. Aspek masa kerja waktu diangkat menjadi kepala laboratorium
    Pengalaman kerja waktu diangkat menjadi kepala laboratorium IPA 6 Th 7 Th 0
    3. kesesuaian latar belakang pendidikan dengan tugasnya sebagai tenaga laboratorium
    Latar belakang bidang pendidikan kepala laboratorium IPA sesuai dengan bidang tugasnya ya ya 0
    4. kualifikasi akademik minimum teknisi laboratorium
    Kualifikasi pendidikan Teknisi Laboratorium IPA minimum D-II yang relevan dengan tugasnya ya ya 0
    V Standar Sarana dan Prasarana
    A KELENGKAPAN SARPRAS
    1. Kelengkapan Prasarana
    Kelengkapan sarpras laboratorium bahasa memenuhi ketentuan dan mencapai Tidak ada lab. Bahasa Tidak ada lab. Bahasa 0
    2. Ruang Konseling
    Sarpras ruang konseling telah memenuhi standar minimal 78% 85% 7%
    3. Ruang UKS
    Sarpras ruang UKS telah memenuhi standar minimal 76% 85% 9%
    4. Ruang Organisasi Kesiswaan
    Ruang organisasi kesiswaan sebagai tempat melakukan kegiatan kesekretariatan, memenuhi ketentuan Tidak ada Tidak ada 0
    Sarpras ruang organisasi kesiswaan telah memenuhi standar minimal Tidak ada Tidak ada 0
    5. Jamban
    Jumlah Jamban sebagai tempat buang air besar dan/atau kecil 9 10 1
    6. Ruang Sirkulasi
    Ruang sirkulasi horisontal sebagai tempat penghubung antar ruang dalam pembangunan sekolah Tidak ada Tidak ada 0
    VI. Standar Pengelolaan
    A RENCANA KERJA SEKOLAH
    1. Visi Sekolah
    Sekolah melaksanakan sosialisasi yang melibatkan berbagai unsur 4 unsur 5 unsur 1 unsur
    2. Rencana Kerja Sekolah
    RKS dan RKAS telah disosialisasikan melibatkan 4 unsur 5 unsur 1 unsur
    Sekolah merencanakan jalinan kerjasama/kemitraan dengan unsur-unsur 4 unsur 5 unsur 1 unsur
    B PELAKSANAAN RENCANA KERJA SEKOLAH
    1. Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan
    Sekolah melaksanakan jalinan kerjasama/kemitraan dengan unsur 4 unsur 5 unsur 1 unsur
    C PENGAWASAN DAN EVALUASI
    1. Program Pengawasan
    Sekolah melaksanakan program-program pengawasan, yaitu: (1) supervisi, (2) monitoring, (3) evaluasi, (4) pelaporan, dan (5) tindak lanjut hasil pengawasan, dan dalam tahun terakhir memenuhi 5 program 5 program 0
    Sasaran kepengawasan dari berbagai program yang ada di sekolah adalah meliputi bidang: (1) kurikulum, (2) pembelajaran, (3) penilaian, (4) manajemen sekolah, (5) pembiayaan, (6) ketenagaan, (7) sarpras, (8) kesiswaan, (9) budaya sekolah dan lingkungan sekolah, dan (10) lainnya, yaitu telah memenuhi sasaran: 8 sasaran 8 sasaran 0
    2. Evaluasi Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
    Sekolah melaksanakan evaluasi kinerja melalui program: (i) kesesuaian penugasan dengan keahlian, (ii) keseimbangan beban kerja, (iii) kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas, serta (iv) pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan, dalam satu tahun terakhir memenuhi: 2 program 3 program 1 program
    D SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH
    1. Pengelolaan Informasi Manajemen Sekolah
    Sekolah memiliki sistem informasi manajemen sebagai bentuk penyebarluasan dan penerimaan informasi seperti: (1) dokumen, (2) foto, (3) leaflet, (4) booklet, (5) buku tamu, (6) buletin, (7) papan informasi, (8) CD, (9) dll, dalam tahun terakhir memenuhi: 6 bentuk 7 bentuk 1 bentuk
    VII. Standar Keuangan dan Pembiayaan
    A BIAYA INVESTASI
    1. Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
    Sekolah membelanjakan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dengan berbagai kegiatan berdasarkan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) yang berasal dari beberapa sumber pendanaan, dari anggaran pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dalam tahun terakhir mencapai 100% 100% 0
    B BIAYA OPERASIONAL
    1. Gaji Pendidik
    Sekolah membelanjakan gaji, kegiatan pembelajaran, kesiswaan, belanja alat tulis, bahan habis pakai, alat habis pakai, transport, penggandaan soal, daya dan jasa, dan kegiatan rapat telah mencapai 100% 100% 0
    C BIAYA PERSONAL
    1. Subsidi Silang
    melaksanakan subsidi silang untuk membantu siswa kurang mampu 12% 15% 3%
    D TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS
    1. Pedoman Pengelolaan Keuangan
    Pengelolaan keuangan sekolah secara transparan, efisien, dan akuntabel 100% 100% 0
    2. Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan
    membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan sekolah sesuai peraturan 100% 100% 0
    VIII. Standar Penilaian Pendidikan
    A PENILAIAN OLEH PENDIDIK
    1. Pelaksanaan Penilaian
    Jumlah guru yang melaksanakan penilaian hasil belajar siswa seperti dengan teknik: (1) tes, (2) pengamatan, (3) penugasan terstruktur, (4) penugasan tidak terstruktur/mandiri, (5) bentuk lainnya selama satu tahun terakhir dari seluruh guru yang ada adalah 75% 80% 5%
    Jumlah mata pelajaran yang pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa menggunakan teknik: (1) tes, (2) pengamatan, (3) penugasan terstruktur, (4) penugasan tidak terstruktur/mandiri, (5) bentuk lainnya selama satu tahun terakhir dari seluruh mata pelajaran yang ada adalah: 60% 76% 16%
    2. Pengolahan Hasil Penilaian
    Jumlah guru yang mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar, dalam satu tahun 75% 80% 5%
    Jumlah guru yang mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kesulitan belajar siswa, dalam satu tahun terakhir adalah 75% 80% 5%
    3. Pengembalian Hasil Penilaian
    Jumlah guru yang mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai: catatan, komentar, petunjuk, arahan, solusi pemecahan permasalahan, dan sebagainya, dalam satu tahun terakhir adalah 50% 80% 30%
    4. Pemanfaatan Hasil Penilaian
    Jumlah guru yang memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan penilaian seperti: remedial, pengayaan, pengembangan diri, dll, dalam satu tahun terakhir adalah 100% 100% 0
    Jumlah guru yang memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran, seperti: perbaikan RPP, perbaikan metode, pemanfaatan media, pengelolaan kelas, dll, dalam satu tahun terakhir 75% 80% 5%
    Pemanfaatan media, pengelolaan kelas, dll atas dasar hasil penilaian, selama satu tahun terakhir dari seluruh mata pelajaran yang ada adalah 75% 80% 5%
    5. Pelaporan Hasil Penilaian Akhlak Mulia
    Jumlah guru yang melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester, dalam satu tahun terakhir adalah 50% 76% 26%
    Jumlah guru yang melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester, dalam satu tahun terakhir adalah 50% 76% 26%
    Sekolah memiliki prestasi hasil UN yang ditunjukkan dengan presentase kelulusan pada tahun terakhir 100% 100% 0
    B PENILAIAN OLEH PEMERINTAH
    1. Pemanfaatan Hasil UN untuk Penentuan Kelanjutan Studi
    Apakah sekolah menggunakan hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional SD/MI/ atau hasil ujian Paket A sebagai salah satu penentu penerimaan siswa baru tidak tidak 0
    Sekolah memiliki prestasi yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil UN pada tahun terakhir, adalah Tidak ada Tidak ada 0
    IX. Standar Lingkungan Budaya Sekolah (tambahan sekolah sendiri)
    Budaya bersih 60% 76% 16%
    Lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi) 80% 85% 5%
    Sistem sanitasi/drainasi 80% 85% 5%




Bahan / Materi
Kontributor:Subagio, S.Pd (Kepala Sekolah)
Editor:Amin Wahyudi, S.Pd
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar